Judulnya
aneh, ya ketika saya naik kereta api jurusan Semarang - Surabaya
berberapa bulan lalu, memang sepanjang perjalanan sedang banyak kegiatan
perbaikan jalan rel, sehingga kenyamanan perjalanan kereta juga agak
terganggu, tampaknya hal ini yang mempengaruhi celotehan ibu tua yang
duduk persis di samping saya. mendengar kata2 ibu itu otomatis pikiran
teknik saya langsung ngelantur, jalan rel berlobang, kaya jalan raya
saja.
tapi ibu itu nggak salah kok, lho jadi jalan rel bisa berlobang kaya di jalan raya?.....Benar jalan rel juga bisa berlobang, tapi ya tidak seperti di jalan raya donk, kalau kita lihat jalan rel itu terbuat dari besi baja, bahkan roda kereta pun juga terbuat dari besi..
Tentu kita tau kalau jalan rel itu bersinggungan terus menerus dengan roda kereta, maka sudah pasti juga jalan rel memiliki batas waktu atau kadaluarsa,...tapi bukankah rusaknya jalan rel jadi aus atau ketebalannya berkurang?.....benar juga, tapi itu salah satu akibat dari pergerakan roda yang horizontal, nah rusaknya jalan rel akibat hantaman gerakan vertikal roda kereta inilah yang mengkibatkan rel berlobang, atau bahasa kerennya dijalan rel menjadi cacat atau (depek).
tapi ibu itu nggak salah kok, lho jadi jalan rel bisa berlobang kaya di jalan raya?.....Benar jalan rel juga bisa berlobang, tapi ya tidak seperti di jalan raya donk, kalau kita lihat jalan rel itu terbuat dari besi baja, bahkan roda kereta pun juga terbuat dari besi..
Tentu kita tau kalau jalan rel itu bersinggungan terus menerus dengan roda kereta, maka sudah pasti juga jalan rel memiliki batas waktu atau kadaluarsa,...tapi bukankah rusaknya jalan rel jadi aus atau ketebalannya berkurang?.....benar juga, tapi itu salah satu akibat dari pergerakan roda yang horizontal, nah rusaknya jalan rel akibat hantaman gerakan vertikal roda kereta inilah yang mengkibatkan rel berlobang, atau bahasa kerennya dijalan rel menjadi cacat atau (depek).
Hantaman gerak vertikal
roda ini juga sebenarnya disebabkan beberapa faktor, seperti kondisi
ban...eh roda kereta yang sudah aus/tidak rata, kondisi struktur jalan
rel yang tidak sama ketinggiannya antara sisi kiri dan kanan, yang biasa
dinamakan SKILU dalam jalan rel, juga kondisi rel yang memang sudah
kadaluarsa sehingga banyak juga tambalannya yang lama lama menjadi rusak
lagi setelah dilewati berkali-kali. Rel depek yang tidak segera
diperbaiki akan mengakibatkan rel putus.
ya di LAS, bisa digunakan las listrik atau biasanya disebut las elektroda, yah tekniknya tinggal menambal saja rel yang depek dengan kawat las, terus digerinda sampai rapi sesuai profil rel.....mudah kan, tapi jangan salah pelaksanaanya memerlukan standar keamanan yang baik, harus ada koordinasi antara pekerja las dengan operator perjalanan kA......hmm, rel berlubangnya sudah ditambal, lumayan perjalanan keretanya lumayan nyaman....."wah pak keretanya kaya naik kapal goyang2".....lho ada lagi ?-sgh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar