Sabtu, 09 Mei 2015

SKILU bukan SIKILKU!

Lho apa itu Skilu? ya sepintas orang dengar memang Sikilku (kaki ku), istilah ini harus dimengerti oleh orang yang bekerja di jalan rel, kenapa? karena inilah dasar dari penyakit di jalan rel, bener SKILU memang penyakit, mayoritas kejadian ANJLOK kereta bisa disebabkan faktor ini, dan skilu ini bisa menjadi penyakit kronis bila terjadi di titik-titik rawan jalan rel, seperti perlintasan, wesel, jembatan, sambungan rel dan lengkung, terutama lengkung peralihan.


Jadi apa sebenarnya apakah Skilu itu, Skilu adalah "perbedaan ketinggian yang sebenarnya antara sisi rel kiri dan kanan jalan rel tiap tiga meter", kenapa tiap tiga meter, karena inilah jarak gandar yang dimiliki roda pada kereta api, tapi seperti kita ketahui di jalan rel ini mengenal toleransi, jadi Skilu juga memiliki batasan, istilahnya penyakit, batasan ini menunjukkan gejala2 penyakit yang kita alami, sehingga jika melebihi batas toleransi  dan tidak diobati, penyakit ini akan semakin tambah parah dan bisa berakibat fatal.

Dijalan rel, kita mengenal batasan skilu ini tergantung dari kecepatan kereta yang diperbolehkan melintas,
  1. untuk jalan rel dengan kecepatan kereta > 90km/jam batasannya 2,5 mm/m
  2. untuk kecepatan kereta antara 60km/jam s.d 90km/jam batasannya 3 mm/m
  3. untuk kecepatan kereta < 60km/jam batasannya 4mm/m
perbaikan harus segera dilakukan jika melebihi toleransi di atas.
Setelah kita mengetahui batasan2 tersebut, maka jika ada kereta yang lewat dengan kecepatan > 90km/jam di daerah jalan rel yang dibatasi kecepatannya sampai dengan 60km/jam dan terjadi anjlokan, sudah taukan penyebabnya........

Sekarang untuk mengetahui nilai skilu ini ada beberapa cara,
  1. kita ukur perbedaan peninggian antara rel kanan dan rel kiri tiap tiga meter dengan alat ukur yang dinamakan Matisa
  2. kita ukur tingginya genjotan (penurunan bantalan rel akibat tekanan kereta yang lewat) yang terjadi pada bantalan ketika kereta lewat.
Kemudian kita jumlah hasil pengukuran tersebut, selisihnya yang dijadikan dasar untuk menentukan Skilu tersebut masuk toleransi atau tidak........nah nanti kita coba bahas perhitungan2 tentang SKILU ini....ok yang pasti SKILU bukan SIKILKU....(Sgh)

2 komentar:

  1. Did you know there's a 12 word phrase you can say to your partner... that will trigger deep feelings of love and impulsive attractiveness for you deep inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, idolize and guard you with all his heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Love Instinct

    This impulse is so hardwired into a man's brain that it will make him work harder than before to take care of you.

    Matter of fact, fueling this mighty impulse is so mandatory to having the best ever relationship with your man that as soon as you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll soon notice him expose his mind and soul to you in a way he never experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

    BalasHapus